Jumat, 04 November 2011

Freaky And The Beast#part 1

Diceritakan hiduplah dua orang manusia(parto mode:on) dari suku dan budaya yang berbeda. Mereka adalah Ismail ‘freaky’ Kitogalo yang terlahir sebagai orang Palembang dan numpang besar di Cilegon, satu lagi Chuky ‘Beast’ Marulak Sihotang yang numpang lahir di Medan, numpang kecil di Papua dan numpang besar di Medan lagi. Mereka berdua sekarang numpang kuliah di Bandung. Ismail ini berperawakan kecil mungil dengan bentuk muka sedikit kotak menuju jajar genjang(waktu sekolah dulu muka atau kepalanya sering dijadikan template buat bikin gambar bangun ruang oleh guru matematikanya, atau buat bikin sketsa rumah oleh teman2 kelasnya*kwkwk*). Ke’exotic’an mukanya ini yang membuat dia menyandang gelar ‘ freaky’ sebagai nama tengahnya. Sedangkan Chuky , mempunyai perawakan yang tinggi besar item jelek, mukanya lebih cendrung kearah predator daripada manusia (sewaktu sekolah, dia sering mendapat peran sebagai makhluk ghoib atau binatang melata ketika ada pentas teater di sekolahnya). Kemelataan mukanya ini yang membuat dia menyandang gelar ‘Beast’ sebagai nama tengahnya. Gelar itu sangat ‘in’ sekali dinamanya, karena mukanya juga ga kalah menyeramkan dengan boneka chuky. Disini saya akan menceritakan perjalanan dua orang sahabat ini dalam menaklukan kota Bandung.
*****
(pertemuan)
Keduanya pertama kali bertemu di salah satu terminal yang ada di Bandung(Cicaheum). Mereka berdua turun dari sebuah bus yang berbeda. Keduanya adalah produk gagal SPMB dan sekarang mencari peruntungan lain sebagai mahasiswa di perguruan tinggi yang ada di Bandung. Keduanya baru pertama kali datang di bandung. Mereka hanya bermodal alamat saudara dan alamat Perguruan tinggi yang akan didatangi. Ismail diberi kertas berisi alamat dan kendaraan yang harus dinaiki, begitu pula chuky. Ismail (kamu turun di cicaheum, naek angkot no.7 jurusan caheum ledeng, kemudian naik angkot ledeng-gegerkalong, turun di depan Poliklinik Negeri Bandung(POLDUNG), tar abis dari sana sms bang erwin buat nginep dikosannya). Sedangkan Chuky(turun di terminal Bandung, naek angkot no.7, turun di terminal terakhir,naek angkot ke perumahan Cihaur Dolipet Regency, cari rumah no.666, itu rumah opung Markus).

Mungkin sudah ditakdirkan untuk menjadi seorang sahabat, maka secara kebetulan keduanya naik angkot no. 7 yang berbeda(loh?). Tapi karena mamang supir dari angkot yang dinaiki oleh Ismail mendapat SMS dari istrinya untuk pulang kerumah guna membetulkan genteng bocor dirumahnya, maka Ismail pun disuruh turun dan akhirnya ia pindah ke angkot yang dinaiki oleh Chuky. Diangkot itu hanya ada mereka berdua, tak ayal(halah) angkotpun ngetem dengan gagahnya. Setengah jam, dua tengah jam, tiga tengah jam, empat jam, sehari, dua hari (eh ga nyampe harian denk, cuman 5 jam ajah ngetemnya). Sampai 5 jam ngetem angkot yang mereka tumpangi itu belum ada penumpang lagi(entah pa dosa mamang angkot ini). Akhirnya sang mamang angkot memberangkatkan dua orang pendatang ini. Angkotpun berjalan sedikit cepat, banyak lambat dan banyak ngetem. Akhirnya setelah 2hari perjalanan(jyaaah,kebanyakan brad)*yaudah atuh urang ganti*, setelah 3 jam perjalanan*segitu cukup?*(iya cukup),#halah, apa’an sih???#, setelah 3 jam perjalanan mereka pun tiba di terminal Ledeng.

Setelah sampai di terminal ledeng, mereka berdua turun dan membayar ongkos.
Ismail(I):”berapa om?”
Mamang Angkot(M):”berapa ajah buleeeeh,hhe”
I:”idih, semerawut, berapa om yagn bener?”
M:”10ribu ajah”
I:”Ooo Tidak Bisa!!” *bentaran, perasaan kenal deh dialog kayak gini,hmm dimana yah?oh iya di cerepn yang sebelumnya,udah ga rame, kita ganti dan ulang ajah dialognya”
Ismail(I):”berapa om?”
Mamang Angkot(M): “10 ribu mas”
I :” WHAAAAAAAAAAAAATTTTTSSSSS???ceban?mahal amat”
M:”iya mahal mas, soalnya saya tau mas pendatang, kalo bukan pendatang mah biasanya saya ngasih ongkos 5ribu ajah”
I:”ooh, jadi gw harus bayar 10ribu nih?”
M:”mas ngerasa pendatang bukan?”
I:”iya”
M:”yaudah MAMAM, kudu bayar 10 ribu”
I:”zzzzzz…nih” *sambil menyodorkan duit ceban dengan wajah yang jajargenjangnya.
*percakapan itu didengar oleh Chuky*
Chuky(C):”berapa bang?”
Mamang angkot(M):”10 ribu”
C :”nih 5ribu ajah, aku orang asli sini”
M “orang sini gimana?sangkilang itu muka pendatang pisund ge,bukti orang sini apa’an sok?”
C:”aku beneran orang asli sini, buktinya aku tau kalo pendatang bayar 10 ribu, dan pribumi bayar 5ribu, makanya aku ngasih abang 5ribu”
M :”oh iya, nya tos atuh, 5 rebu cukup”
*Ismail yang melihat kejadian itu lalu berkata dalam hatinya “zzZZZZzzzz (_ _)”*
C:”oya bang, kalo ke perumahan Cihaur Dolipet Regency harus naik angkot apa yah?”
M:” Cihaur Dolipet Regency??itu mah di daerah Buah Batu,jauh pisund dari sini”
C:”tapi kata tulang aku kalo dari terminal sini deket”
M:”lah, katanya pribumi, kok ga tau?”
C:”sebenarnya aku memang pendatang, tapi supaya ongkosnya murah , aku ngaku peribumi ajah”
M:”oh gitu,,mengerti mengerti” *sambil senyum2 dan pasang muka bangga karena bisa ngerti alasan s chuky*
*Ismail masih berdiri nunggu giliran dia masuk dialog,lalu dia berkata dalam hatinya”jis,ini yg bkin cerita tega pisund” #sabar is, tar aink kasih giliran udah ini# ,*
M:”coba saya liat alamatnya”
C:”ni bang”*sambil mengasongkan kertas yagn kemudian dibasa sang mamang angkot*
M:”OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOHHHHHHH(sambil mangap lebay edan), ade salah angkot, memang benar adanya yang tertulis disini naik angkot no.7, namun ada kesalahn fatal yang telah ade perbuat, tau itu apa?ade salah memahami isi daripada kertas ini, yang ade seharusnya lakukan adalah turun dahulu diterminal Leuwi Panjang,bukan di Termianl Caheum seperti yang ade lakukan, baru disana naiklah angkot no.7,,jelas kah?”
C:”oh, iya jelas bang, terus gimana nasib saya?”
M:”ya nasib anda dalam kondisi sial”
C:”ah bang, bukannya ngomong dari tadi pagi”
M:”dih, orang situ ga nanya, jadi itu derita anda, berhubung sudah malam dan saya mau narik lagi, silakan anda nikmati penderitaan anda”*mamang angkotpun menyalakan mobilnya dan masuk kedalam jajaran angkot2 lain *
*#sok is, giliran ente masuk dialog#,,”okeyh”*
I:”sori brad, tadi gw denger keluh kesah lu, lu mu ke buah batu yah?”
C:”iya, aku mau ke buah batu, ke tempat opungku disana, tapi ini udah malem, mana aku ga tau bandung lagi, ah cacadlatos lah”
I:”oh, gw jg baru dateng ke bandung, berhubung kita sama2 pendatang, mari kita saling menolong, gmana kalo lu nginep dulu ditempat sepupu gw?katanya deket daerah sini tempatnya, daripada lu keliling bandung malem2, mana disini lagi hot2nya ma gangster”
C:”ah, ngomonglah kau daritadi, kalo begitu kan aku tidak terlalu khawatir,yasudah, aku ikut tidur dulu sama kau,oya kita belum kenalan, kenalin nama aku Chuky Marulak Sihotang,tapi panggil aku Beast ajah, nama kau siapa lae?”
*#buat Chuky sama Ismail, ngobrolnya sambil duduk ajah, biar ga pegel itu ngobrol sambil berdiri#,”oh iya, makasih yah dalang”,#siphh#, lalu keduanya pun duduk di pinggiran jalan*
I:”nama gw Ismail Kitogalo,tapi panggil gw Freaky ajah, oya lu ke Bandung mau ngapain?”
C:”aku mau daftar kuliah, aku disuruh kuliah di bandung sama mama ku”
I:”mau daftar kuliah dimana emang lu?”
C:”ga tau, mama ku ga nyuruh aku harus kuliah dimana, yang penting di bandung, biar bisa dibanggain sama orang2 dikampungku”
I:”lah, pegimana, mau kuliah tapi ga tau mau kuliah dimana”
C:”nah, itu lah hebatnya aku, hebatkan?”*sambil menepuk dada tanda bangga*
I:”dih, aneh2 ajah, kalo ga tau mau daftar dimana, mending lu ikut gw ajah daftar di POLDUNG,gmana?”
C:”POLDUNG??polisi bandung?ga lah, aku ini anak tentara, mana mungkin jadi polisi?bisa rebut aku sama bapa ku”
I:”zzzzz.. bukan itu cacad, POLDUNG tuh singkatan dari POLIKLINIK NEGERI BANDUNG,bukannya Polisi bandung,,gmana, mau ga?”
C:”hmmmm,yasudahlah, mau saja, daripada bingung2 nyari tempat kuliahan”*biasanya yang dicari tuh kosan,lah ini kampus ajah masih nyari,semerawut dah*
I:”ok, sekarang gw mu nelf sepupu gw, mu nanyain dari sini kesana,halah, maksutnya dari terminal ini ke tempat sepupu gw, bentaran yah”,,
*lalu Ismail nelf sepupunya*
Ismail:”halo bang?”
Erwin:”iya hallow”
I:”bang Erwin lagi diamana?”
E:”lagi dikosan, napa gitu?”
I:”oh, bagus, gw mau ke tempat abang nih, sekarang gw lagi di terminal Ledeng, dari sini ke tempat abang naek apa ajah?”
E:”di ledeng yah?berarti dari sana naek angkot kearah bawah, pas di perempatan yang ada BPR KS nya turun,terus naek angkot GERLONG-CIMAHI atau GERLONG-POLDUNG, tar turun ajah di STMB TELKOM,darisana gw jemput,ngerti?”
I:”iya bang, gw ngerti,maksih bang”
E:”eh ngomong2, ini sapa yah?nomer nya ga ada di kontak”
I:”labujuk bang,madirodok dah, kirain tau dari tadi tuh, ini Ismail bang”
E:”setdah, kecebong anyud toh, kirain siapa,yaudah abang tungguin”
I:”eh, empan kadal buntut dasar”
E:”dih, koreng godzila rabies lu”
I:”lu tuh pantat beby romeo”
E:”upil yuni sara lu”
I:” dih,sepatu Macbeth nya raffy ahmad lu”
E:” dasar Mic nya Sammy kerispatih lu”
I:”elu tuh”
E:”elu”
I:”elu”
*terus dan terus saling meledek sampai pulsa si ismail abis baru berenti*
C:”udah kau ledek2annya?”
I:”udah”
C:”siapa yang menang?”
I:”ga ada, pulsa gw keburu abis,yu ah jalan keburu kemaleman”
C:”yuuuUUU…”
*mereka berdua pun berjalan, karena tadi belum sempat nanya naek angkota apa ke pertigaan, maka mereka bertanya pada tukang gorengan yagn ada di pinggir jalan”
Ismail:”om, kalo mau ke perempatan BPR KS naik angkot apa yah?”
Tukang Gorengan:”naek angkot Caheum-ledeng ajah jang, tapi deket da, mending jalan kaki ajah”
I:”oh deket, berapa panjang emang dari sini?”
T:”kurang tau yah, belum sempet ngukur, tapi ada lah sekitar 50 meteran mah”
I:”oh, makasih om”
T:”sami2 jang”*sambil ngegoreng gehu jeletot*
I:”beli gorengan deh om 5rb”* menyodorkan duit 5ribu
T:”ini gorengannya, ini kembaliannya”,*sambil ngasih gorengan dan kembalian 4ribu*
I:”????????????,*dalam hati isamail berkata*lah, budek kali yah?tapi kok banyak yh gorengannya?sudahlah, rezeki gue, ahahaha*”
*keduanya pun memutuskan berjalan kaki mengikuti pepatah sang mamang gorangan*
Hampir 5 menit mereka berjalan, dan mereka mulai merasa aneh, karena jarak 50 meter pasti 5 menit juga udah sampe. Tapi mereka belum menemukan perempatan BPR KS. Sekitar 10 menit bad feeling mereka makin terasa.
I:”beast, perasaan kita udah jalan lebih dari 400meter deh, tapi lum nyampe juga yah?”
C:”ga tau ky aku juga,salah ngukur kayaknya si mamang gorengannya”
I:”iya kayak nya mah, ah, bodo gw, malah nanya sama orang sunda, disini kan jauh juga pasti dibilang deket, lagian si mamang kayaknya ga bisa ngitung deh, pantesan gw beli gorangan goceng masih dapet kembalian 4 ribu”
C:”iyah, bego si mamang nya, eh itu didepan ada perempatan,tuh ada BPR KS nya,nyampe kita..”
I:”iya, sekarang kita cari angkotnya”
*singkat cerita mereka pun baik angkot dan berhenti di depan kampus STMB TELKOM,lalu Ismail menelf sepupunya*
I:”pulsa gw abis td, pinjem pulsa lu dong buat nelf sepupu gw”
C:”nih”*sambil menyodorkan hapenya*
*lalu Ismail pun nelf sepupunya*
I:”heh kura-kura Zimbabwe, nih gw Ismail, Gw pake hape temen gw”
E:”dih, sarang tawon afrika lu, malu2in ajah pinjem pulsa temen”
I:”lah, kan tadi pulsa gw abis buat nelf lu gajah epilepsi, eh temen gw jg mu nginep dtmpat lu bang, boleh ga”
E:”beuh,dasar monyet kremian lu,dah tau pulsa dikit, sok2an nelf, iya gpp, biar rame, tunggu situ, dua hari lagi gw nyampe,ahahah..ga deng, 5 menitan gw kesitu”
I:”zzzzzz…iyeh,,cepetan kingkong bantet”
E:”iye ketombe yang lahirnya sungsang,sabaran dikit napa”
*singkat cerita lagi mereka akhirnya menginap dikosan Erwin,dan keesokan paginya mereka berangkat daftar ke POLDUNG*

++++Bersambung++++


_XGUMCHT_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar